seputar dunia teknologi

Penemuan Baru Alat Penyembuh Luka Tissue Nanotransfection (TNT) | HaiTech

TNT (Tissue Nanotransfection)

State University belum lama ini menemukan sebuah perangkat yang mampu menyembuhkan luka hanya dengan sekali sentuhan. Perangkat ini di sebut Tissue Nanotransfection.

Teknologi yang ada dalam perangkat ini bisa bekerja memperbaiki jaringan rusak akibat luka serta menggantikan fungsi jaringan yang mengalami fungsi penuaan, termasuk organ, aliran darah, dan sel sel saraf.

Alat ini bekerja secara sederhana, hanya perlu muatan listrik kecil untuk mengoperasikan perangkat. Sengatan untuk pasien sangat kecil dan nyaris tidak terasa.

Untuk informasi, penelitian pengembangan TNT dipimpin oleh Chandan Sen, directur Center for Regenerative Medicine dan Cell Based Therapies dan L. james Lee, profesor kimia dan biomolekuler.

"Dengan menggunakan teknologi nanochip baru kami, organ yang terluka atau yang terganggu bisa diganti. Kami telah menunjukan bahwa kulit adalah area Strategis dimana kita bisa menumbuhkan unsur-unsur dari setiap organ yang sedang menurun, " kata Chandan Sen.

Tetapi perangkat ini belum di uji kepada manusia hanya di uji pada tikus dan babi.

Pada seekor tikus yang mengalami luka kaki, dalam waktu satu pekan chip menyebabkan aliran darah aktif kembali, lalu setelah dua pekan kakinya sembuh.

dari hasil tes laboratorium menunjukan alat ini juga mampu menyembuhkan stroke.

"ini sulit dibayangkan, berhasil bekerja sekitar 98 % sejauh ini. Dengan teknologi ini, kita bisa mengubah sel kulit menjadi elemen organ manapun dengan hanya satu sentuhan. Proses ini hanya membutuhkan waktu kurang dari satu detik tidak invasif, "kata Chandan Sen.

Memiliki Dua Komponen Utama

Seperti dikutip dari Wexner Medical, TNT memiliki dua komponen utama. Pertama chip nanoteknologi berfungsi menyampaikan sebuah muatan kepada sel tua. Kedua, desain muatan ini ketika diantarkan menggunakan chip, akan mengonversikan sel tua dari satu tipe ke tipe yang lain.

Muatan ini berisi kode genetik tertentu dalam bentuk DNA atau RNA, yang jika diterapkan pada sel, mampu mengubah sel dari struktur dan fungsinya semula menjadi struktur dan fungsi lain yang diperlukan untuk memperbaiki cedera.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

sayhaitech.blogspot.com

Empat Senjata Mematikan Yang Dapat Memusnahkan Dunia Dalam Sekejap | HaiTech

1. Dongfeng-41 (DF-41) Senjata ini merupakan produksi dari China. Misil tersebut mempunyai jarak tembak paling jauh bila dibandin...